Jumat, 09 September 2011

Camilan Tepat Jadi Obat Stres Mujarab

Jangan langsung beralih ke obat-obatan,Atasi stres dengan camilan tepat.

Petti Lubis

VIVAnews - Ingin mengatasi stres tanpa  obat-obatan? Camilan yang tinggi kandungan karbohidratnya bisa jadi pengganti obat. Penganan yang mengandung karbohidrat, sedikitnya 25-30 gram, konon ampuh mengurangi dan mencegah stres.

Misalnya, beberapa jam menjelang rapat yang sering kali membuat stres, makanlah sepotong roti croissant polos. Maka, perasaan Anda pun akan lebih tenang, dan mood positif pun meningkat.

Menurut Dr. Judith Wurtman, peneliti dari Massachusetts Institute of Technology, karbohidrat secara tidak langsung dapat meningkatkan produksi serotonin dalam otak yang berfungsi mengatur mood seseorang menjadi lebih tenang.

Dengan cara itulah karbohidrat  mengurangi gejala stres, seperti mudah marah, tegang, sulit berkonsentrasi, dan lain-lain. Namun, penulis buku Managing Your Mind and Moods Through Food  itu mengingatkan sebaiknya penganan pilihan itu tidak  banyak mengandung protein, karena protein bersifat menghambat kerja serotonin.

Penganan karbohidrat tinggi yang paling baik mencegah stres sekaligus menjaga berat badan adalah yang mudah dicerna, tidak banyak berlemak dan bergula. Misalnya, dari kelompok penganan tradisional, pilihlah  pisang, kentang, jagung, atau ubi rebus. Atau bisa juga roti, bagel, biskuit, atau croisant polos.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar