Rabu, 14 September 2011

Pisang Mampu Meredam Asma si Kecil


Foto:5minutesformom.com Jakarta - Buah yang berkulit kuning ini sangat populer. Rasanya manis dan aromanya wangi. Dimakan sebagai buah segar atau untuk kue sama enaknya. Nutrisi pisang juga bisa meredam gangguan asma pada si kecil.

Asma merupakan penyakit yang berkaitan dengan faktor genetik. Menurut penelitian, 30% penderita asma memiliki keluarga dekat penderita asma. Kini ada kabar gembira buat para orangtua. Sebuah penelitian di Imperial College, London menemukan pisang bisa menangkal serangan asma si kecil.

Sebuah penelitian The Imperial College of London melibatkan 2.640 anak berusia 5 sampai 10 tahun. Mereka diberi makan pisang secara rutin setiap hari. Dari penelitian tersebut ditemukan, mereka yang gemar makan pisang sedikitnya satu buah perhari memiliki peluang 34% lebih rendah terserang asma.

Buah ini mengandung banyak kalium, energi, vitamin, serat dan enzim. Seperti sukrosa, glukosa, dan laktosa sebanyak 14,8 gram dan 1 gram protein (2% dari konsumsi harian yang disarankan). Juga memiliki 400 mg kalium (10% dari konsumsi yang disarankan setiap hari).

Karena buah ini kaya akan nutrisi, maka baik untuk memelihara kesehatan pernapasan pada anak. Juga dapat menjaga kesehatan jantung dan mencegah serangan leukimia. Sedangkan, kandungan triptofan dan asam amino pada pisang dapat meningkatkan daya ingat juga suasana hati.

Selain buah pisang, penelitian itu juga menemukan bahwa anak yang makan apel dan nanas mengalami efek serupa. Kandungan bromelain pada nanas adalah kunci dari efek pencegahan serangan asma pada si kecil.

(Odi/Odi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar