Rabu, 14 September 2011

Cuka Apel Redam Nafsu Makan

Cuka Apel Redam Nafsu Makan

Foto : getslimaware.com Jakarta - Cairan asam ini biasa dijadikan saus salad. Aroma dan rasanya yang asam bisa membuat makanan lezat. Dibalik rasa asamnya ada sejumlah khasiat yang baik buat tubuh.

Siapa yang tak kenal cuka apel atau cider vinegar? Meskipun rasanya asam, cuka jenis ini sangat disukai dan dipakai banyak orang. Biasanya dipakai untuk mengasinkan daging, ayam dan ikan, serta campuran salad. Cuka ini juga baik untuk kesehatan.

Cuka apel merupakan cairan hasil fermentasi buah apel segar yang telah dikenal ratusan tahun sebelum masehi. Bapak kedokteran dunia, Hipocrates, bahkan telah menggunakan cuka ini sekitar 400 tahun sebelum masehi. Ia pun menyatakan bahwa cuka apel merupakan obat alami yang baik buat tubuh.

Cuka apel dibuat dari bahan dasar apel masak segar yang difermentasikan dan melalui proses yang ketat sebelum menjadi produk akhir. Cuka ini mengandung berbagai vitamin, beta karoten, pectin dan berbagai mineral penting lainnya seperti kalium, sodium, magnesium, kalsium, fosfor, klorin, sulfur, zat besi dan flor.

Dengan kandungan nutrisi yang banyak, cuka ini memberikan beragam manfaat untuk masalah kesehatan, antara lain:

Menstabilkan gula darah
Kandungan zat pectin pada cuka apel merupakan jenis serat larut yang berfungsi membantu melepaskan glukosa secara perlahan ke dalam aliran darah, sehingga menghindari lonjakan glukosa secara mendadak.

Menekan nafsu makan
Cuka apel diyakini bisa membantu menekan nafsu makan dan mampu mempertahankan berat badan dengan cara menghancurkan lemak. Jadi, penurunan berat badan akan terjadi secara alami.

Meningkatkan tingkat metabolik
Cuka apel kaya akan vitamin, mineral, dan kandungan nutrisi lainnya yang bisa membantu meningkatkan tingkat metabolisme tubuh.

Berfungsi diuretik
Cuka apel merupakan diuretik yang sangat baik yang bisa membantu menghilangkan racun dalam tubuh. Juga mengobati rasa kembung serta baik untuk meredakan nyeri pada wanita yang sedang haid.

Melawan infeksi jamur
Cuka sari apel juga mengandung malic acid yang sangat membantu dalam melawan infeksi jamur dan bakteri. Kandungan Malic acid ini juga bisa menghancurkan timbunan uric acid yang terbentuk di sekitar persendian dan baik untuk meredakan nyeri sendi.

Agar khasiatnya berkerja secara optimal, cukup teteskan 2-3 sendok teh (tidak boleh lebih) ke dalam segelas air mineral, jus atau campuran salad. Gunakan sedotan saat meminumnya untuk mencegah kerusakan pada email gigi.




(Odi/Odi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar